Sabtu, 03 Maret 2012

Alat Pelindung Diri yang Tepat untuk Keselamatan

Alat pelindung diri yang tepat harus digunakan untuk mencegah cidera yang serius pada pekerjaan konstruksi. Mata, misalnya, merupakan sesuatu yang sangat rumit. Keker atau pelindung muka harus dipakai pada waktu anda memotong beton, baja atau menggunakan gergaji listrik.
Kacamatan pengaman atau goggle yang tepat akan membantu pada waktu anda melakukan pengeboran di atas kepala atau pada waktu ada debu yang berkaitan.
Pada waktu anda bekerja di sekitar pengaduk beton, kacamata keselamatan atau pelindung muka akan mencegah sebagian besar percikan mencapai mata anda.
Kacamata dapat pecah atau rusak apabila goggle tidak dipakai di atasnya. Goggle yang “meliputi semua” ini dapat terbuat dari plastik atau mungkin berupa kaca mata keselamatan ukuran ekstra.
Alat pernapasan mencegah iritasi hidung dan tenggorokan pada waktu anda bekerja dalam keadaan berdebu. Akan terdapat banyak debu ketika anda menangani semen surah atau mengisi pengaduk beton. Apabila anda melakukan pelapisan tahan air (terutama di daerah yang kecil, terkurung) anda memerlukan alat pernapasan berpeluru kimia atau alat pernapasan jalur udara. Anda harus memakai alat pernapasan pada pekerjaan yang menyemprotkan cat. Jenis yang anda harus pakai bergantung pada jenis penyemprot yang anda pakai.
Kejatuhan serius dapat dicegah apabila diantara mereka yang bekerja di luar tembok atau pada ketinggian menggunakan sabuk pengaman dan tali pengawas yang resmi dan dalam keadaan baik.
Alat penarik pendek harus dibawa sehingga apabila terjadi kejatuhan, hal itu terjadi serendah mungkin-maksimal hanya satu meter.
Jangan sekali-kali memasuki tempat pasir atau batu dimana benda dapat tergelincir kecuali anda memakai tali bahu keselamatan yang resmi dengan seutas tali yang terikat.
Seorang harus ada diatas, memegang tali.
Kemudian apabila bantuan diperlukan mitra anda  dapat membantu anda atau minta bantuan.
Helm yang keras adalah suatu keharusan dan harus dipakai oleh semua pekerja yang tanpa perlindungan menghadapi bahaya untuk menerbangkan, menjatuhkan atau menggerakkan benda-benda.
Para pekerja kerangka baja dan mereka yang bekerja diatas lantai dibawahnya berada dalam posisi yang sangat mudah terluka. Topi-topi yang keras dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati apabila baut atau paku atau bahkan perkakas dijatuhkan melalui ruang-ruang terbuka ke lantai.
Sepatu bot karet, lebih disertai yang dengan telapak keras dan sol dalam yang tahan bocor, melindungi telapak kaki dan kaki anda dari beton yang basah. Pelindung lutut harus dipakai oleh petugas-petugas semen dan pekerja-pekerja lain yang menggunakan lututnya pada waktu bekerja.
Para pekerja yang menangani kayu atau muatan berat yang lain harus memakai sepatu keselamatan dengan tutup jari kaki dari baja.
Lindungilah diri anda. Pakailah pakaian keselamatan dan gunakan alat pelindung diri yang diperlukan.


Sumber : www.artikelk3.com

Tidak ada komentar: